Konsep Sukses Dalam Bisnis

Adminkom

Sukses mempunyai sejuta definisi, tak ada satu pun kita yang bisa menjelaskan secara sempurna. Namun sukses memiliki ciri fisik yang semua orang setuju untuk mengakuinya. Apa misalnya ? Orang sukses itu memiliki pribadi yang bahagia,  punya banyak prestasi, bisnis yang sukses atau kepemilikan aset dalam jumlah sangat besar.

Apakah itu sukses ? Mungkin ya mungkin juga tidak. Seperti di awal, bahwa definisi sukses bisa jadi berbeda antara satu dengan yang lain. Tapi apapun itu, sukses bagi semua orang adalah terpenuhinya semua keinginan, dan keinginan setiap orang adalah berbeda.

Sukses adalah mencapai sesuatu impian. Sebagai pemilik bisnis, tentu impian antara satu pengusaha dengan pengusaha lainnya relatif sama. Jika anda sudah punya bisnis, tentu Anda ingin bisnis Anda itu sukses mencetak profit.

Setelah profit mulai mengalir, timbul keinginan lain, bagaimana jika bisnis bisa berjalan tanpa Anda. Dan setelah itu tercapai lagi, kesuksesan Anda lainnya adalah bagaimana bisa berkembang dari waktu ke waktu. Saya yakin, semua pemilik bisnis punya impian seperti itu.

Jika kita perhatikan, betapa banyak pemilik bisnis yang merasa terjebak bahkan terkunci dalam bisnis. Mereka pada awalnya merasa sukses membangun bisnis, lalu setelah bisnis berdiri, muncul masalah baru, bagaimana membangun bisnis yang memiliki sistem bagus, tim yang solid serta produk atau servis yang selalu dibutuhkan banyak orang. Di titik ini, kesuksesan bagi pemilik bisnis amat sulit diraih.

Mengapa banyak pemilik bisnis yang merasa sangat sulit lepas dari tarikan gravitasi di bisnisnya ? Ibarat pesawat ulang alik yang berusaha ingin lepas dari gravitasi bumi, tahap awal adalah persoalan hidup dan mati. Dan pada titik tertentu, pesawat bisa melewati ambang perbatasan antara medan gravitasi dengan luar angkasa. Dan di atas medan energi itu posisi pesawat sudah melayang.

Bisnis identik dengan ilustrasi kapal ulang alik. Berapa banyak bisnis yang terbakar sebelum mencapai perbatasan antara luar angkasa dengan dalam angkasa. Dan faktor utamanya adalah daya dorong roket yang kurang cukup besar.

Bisnis bukan saja dituntut perlu stamina tangguh, juga tak cukup memiliki jumlah armada besar, tapi yang terpenting dalam bisnis adalah strategi dan action plan yang akurat, tentang bagaimana cara menaklukkan medan gravitasi tersebut dan tetap bertahan hingga di atas garis luar angkasa.

Diperlukan banyak sekali pemikiran, pengetahuan dan juga praktik yang terus menerus untuk bisa sampai menembus luar angkasa, menaklukkan daya gravitasi.

Salah satu pakar bisnis Brad Sugars merangkum konsep bisnis sukses dalam konsep yang disebut ActionCOACH, bahwa bisnis adalah sederhana tapi tak mudah. Konsep kesuksesan ActionCOACH adalah BE X DO = HAVE. Bahasa sederhananya konsep ini lebih ke arah pemikiran, perbuatan dan hasil. Jika Anda ingin sukses, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah berpikirlah sebagaimana orang sukses. Dan dengan pola pikir seperti itu, Anda akan lebih mudah berperilaku seperti orang sukses yang pada akhirnya Anda akan mengambil suatu keputusan seperti orang sukses, dan itu akan membawakan hasil sukses.

BE X DO = HAVE, perhatikan pola energi yang terjadi. Bila kita ingin sukses, maka keinginan ada di level HAVE. Sebagian besar orang, mulai melakukan hal-hal yang bersifat DO, artinya, setelah impian itu datang, mereka langsung secara emosional meraih impian itu. Namun pada akhirnya, mereka kembali ke habitat lama, yaitu menjadi orang yang tidak sukses.

Kebiasaan lamanya akan kembali diulang dan akan menguasai seluruh kekuatan diri kita. Tidak heran, berapa banyak pemilik bisnis yang setelah memiliki visi dan misi, akhirnya akan cepat melupakan mereka punya cita-cita.

Pola yang dianjurkan konsep ini adalah dimulai dari BE atau pola pikir dulu, bukan tindakan dulu, lalu dari pola pikir, kita mulai menjiwai apa yang kita impikan itu, dan dengan mindset yang kuat itu akhirnya akan melahirkan berbagai keputusan-keputusan tepat yang akan membawa Anda ke level keberhasilan yang lebih permanen.

Sumber: AntaraNews.Com
http://www.kompasbisnis.com/berita-148-konsep-sukses-seseorang-dalam-bisnis.html

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s