Soal-soal Manajemen Bisnis 1 (Nomor 1 s/d 15)

my campus 2007Oleh: Suprapto Estede

Baca terlebih dahulu semua materi atau artikel yang sudah ada (materi/artikel ke 1 s/d 10) dan fahami dengan sungguh-sungguh maksud dari setiap soal berikut ini, kemudian berikan jawabannya masing-masing dengan kalimat yang baik dan jelas :

  1. Menurut Anda, mengapa Anda harus mempelajari ilmu manajemen bisnis? Adakah dan apakah manfaatnya bagi Anda?
  2. Apakah yang dimaksudkan dengan: manajemen, bisnis, dan manajemen bisnis? Jelaskan masing-masing dengan ringkas.
  3. Bisnis terdiri atas beberapa komponen penting yang saling mendukung dan saling melengkapi, dan bila salah satu komponen gagal akan mempengaruhi komponen lainnya dan mengganggu keberhasilan bisnis. Jelaskan beberapa komponen dimaksud.
  4. Ada beberapa prinsip dan standarisasi yang diharapkan mampu mendukung kemajuan dan perkembangan suatu usaha. Jelaskan.
  5. Apakah yang dimaksud dengan organisasi bisnis itu? Sebutkan beberapa contoh organisasi bisnis yang Anda ketahui.
  6. Siapakah sebenarnya orang yang layak disebut sebagai penemu konsep manajemen bisnis modern? Jelaskan beberapa prinsip manajemen bisnis Rasulullah SAW yang hingga kini dan mendatang selalu relevan diterapkan dalam bisnis modern.
  7. Menurut pendapat Anda, apakah sukses itu? Apa pula sebenarnya yang dimaksud dengan sukses dalam bisnis? Jelaskan.
  8. Seorang pakar bisnis Brad Sugars menerangkan konsep bisnis sukses dalam konsep yang disebutnya dengan “ActionCOACH”. Apakah itu? Jelaskan.
  9. Bila ingin menjadi seorang B (Business Owner) atau wirausahawan, adalah sangat penting untuk memahami berbagai bentuk badan usaha. Coba Anda sebutkan berbagai bentuk badan usaha yang Anda ketahui.
  10. Jelaskan beberapa kelebihan dan kekurangan badan usaha perorangan (misalnya menurut pendapat Solehudin Murpi ST dan Dea Tantyo Iskandar).
  11. Seorang Tau ge berkata: “Jika kamu ingin kaya, jangan terlalu banyak mendengarkan omongan orang miskin !”. Jelaskan maksud dari pernyataan tersebut dan bagaimana pendapat Anda?
  12. Apa yang Anda ketahui tentang hasil sidang paripurna DPR tanggal 31 Maret 2012 mengenai BBM (Bahan Bakar Minyak). Dan bagaimana analisis Anda terhadap keputusan DPR tersebut bagi kondisi perekonomian nasional, khususnya bagi dunia bisnis?
  13. Jelaskan beberapa tipe wirausaha yang Anda ketahui, dan tipe wirausaha manakah yang menurut Anda paling sesuai bagi Anda? Mengapa?
  14. Jelaskan enam faktor yang dijadikan dasar pengorganisasian pada organisasi-organisasi bisnis.
  15. Apakah Anda sudah memiliki usaha? Jika sudah, usaha apa dan mengapa Anda memilih usaha tersebut? Jika belum, mengapa dan apa yang masih menghalangi Anda untuk memulai memilikinya? Jelaskan.

“Man Jadda Wajada”

Barangsiapa yang bersungguh-sungguh, pasti akan mendapatkan hasilnya.

Pos ini dipublikasikan di soal soal dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s