Soal UAS Manajemen Bisnis

Oleh: Suprapto Estede

Khusus untuk latihan (bahan belajar) Ujian Akhir Semester

A. Kewirausahaan (Enterpreunership)

1. Pengertian:
Apakah kewiarausahaan atau enterpreunership itu? Jelaskan.
2. Faktor pendukung:
Sebut dan jelaskan faktor-faktor penentu keberhasilan seorang wirausahawan!
3. Faktor penghambat:
Sebut dan jelaskan pula beberapa faktor yang dapat menghambat terbangunnya bisnis seorang wirausahawan!
4. Mental dan karakter terlarang:
Menurut Prof. Koentjaraningrat, ada 5 (lima) mental dan karakter bangsa kita. Semuanya tidak boleh dimiliki oleh seorang wirausahawan. Jelaskan!
5. Perlunya jiwa kewirausahaan:
Jelaskan, mengapa jiwa kewirausahaan itu perlu dibangun dan dikembangkan?

B. Business Plan

1.Pengertian:
Apakah perencanaan bisnis (business plan) itu? Jelaskan.
2. Pertimbangan dalam pembuatan:
Sebut dan jelaskan beberapa pertimbangan yang menyertai pembuatan business plan!
3. Manfaat:
Mengapa wirausahawan harus menyusun business plan? Apa manfaat dari penyusunan business plan itu? Jelaskan.
4. Format yang menarik:
Untuk menyusun sebuah business plan yang baik dan menarik, perlu memperhatikan beberapa hal. Sebut dan jelaskan.
5. Faktor yang harus dihindari:
Ada beberapa faktor yang perlu dihindari dalam pembuatan business plan. Jelaskan.

C. Marketing Plan

1. Pengertian dan manfaat:
Untuk keberhasilan pemasaran perlu disusun sebuah perencanaan pemasaran (marketing plan) yang baik. Apakah marketing plan itu dan apa manfaatnya?
2. Analisis pasar:
Salahsatu pendekatan dalam marketing plan adalah analisis pasar (market analysis). Jelaskan, apa saja yang perlu didapatkan dengan analisis pasar itu?
3. Analisis pesaing:
Dengan pendekatan analisis pesaing (competitor analysis) perlu diketahui 5 (lima) kunci kemampuan pesaing (competitor ability). Sebutkan.
4. Analisis STP:
Dalam marketing plan, juga perlu dilakukan STP analysis, misalnya segmentasi pasar. Menurut Kotler, ada 2 cara dalam menetapkan dasar segmentasi, yaitu consumer characteristic dan consumer responses. Jelaskan!
5. Bauran pemasaran:
Apa yang anda ketahui tentang bauran pemasaran (marketing mix)? Jelaskan.

D. Organizational Plan

1. Analisis SWOT/TOWS
Dalam membangun sebuah bisnis, perlu dilakukan analisis IFAS dan EFAS atau SWOT analysis. Jelaskan!
2. Strategi:
Organisasi (perusahaan) yang menggunakan manajemen strategi terbukti lebih profitable dan berhasil. Jelaskan apakah tujuan dari manajemen strategi itu.
3. Manfaat manajemen strategi:
Apakah manfaat dari manajemen strategi bagi perusahaan? Jelaskan.
4. Struktur organisasi:
Apakah struktur organisasi itu? Juga jelaskan beberapa fungsi dari pengorganisasian perusahaan!
5. Analisis jabatan:
Apakah job analysis itu? Apa tujuannya dan siapa yang melakukannya? Jelaskan.

E. Financial Plan

1. Investasi awal:
Apakah investasi awal (initial investment) itu? Dalam pendirian bisnis, perlu 2 jenis komponen investasi, yaitu aktiva tetap dan modal kerja. Jelaskan.
2. Sumber pendanaan:
Sumber pendanaan bisa berasal dari pemilik (equity) atau dari utang (debt). Dan ada 2 tipe pendanaan jangka pendek, yaitu pendanaan spontan dan tidak spontan. Jelaskan.
3. Proyeksi keuangan:
Apakah proyeksi keuangan itu? Ada beberapa jenis proyeksi berdasarkan waktu dan satuan proyeksinya. Sebutkan!
4. Evaluasi investasi:
Salahsatu metoda evaluasi investasi adalah metoda “payback peroid”. Apakah itu?
5. Analisis risiko:
Dalam bisnis tentu menghadapi beberapa kemungkinan risiko. Jelaskan beberapa risiko usaha, baik risiko internal maupun risiko eksternal!

F. Beberapa soal pilihan mahasiswa

1. Siklus kehidupan produk:
Apa yang dimaksud dengan siklus kehidupan produk itu? Jelaskan pula 5 (lima) tahapan dalam siklus kehidupan suatu produk!
2. Variabel yang dapat dikontrol:
Dalam menyusun strategi pemasaran ada beberapa variabel yang dapat dikontrol oleh pengusaha. Sebut dan jelaskan.
3. Variabel yang tidak dapat dikendalikan:
Sebut dan jelaskan pula beberapa variabel yang tidak dapat dikendalikan (uncontrolled variables) oleh pengusaha!
4. Konsep AIDA+S:
Dalam setiap kegiatan bisnis harus diusahakan agar wirausahawan memperhatikan konsep AIDA+S. Jelaskan konsep tersebut!
5. Strategi pemasaran modern:
Apakah yang anda ketahui tentang Turbo Marketing dan Mega Marketing? Jelaskan masing-masing disertai contoh.

Pos ini dipublikasikan di soal soal, suprapto estede dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s