Jokowi: Utang itu Enggak Apa-apa, Asal…

SEMARANG – Presiden Joko Widodo mengungkapkan tidak ada yang salah jika sebuah negara berhutang pada lembaga keuangan dunia seperti World Bank (WB), Asian Development Bank (ADB) dan International Monetary Fund (IMF). Asalkan, dana dari pinjaman digunakan untuk kegiatan positif.

“Utang enggak apa-apa kok. Asal untuk produktivitas, untuk hal-hal yang produktif. Tapi kalau kita pinjam kemudian untuk subsidi BBM, itu yang saya tidak setuju. Ndak boleh kalau itu,” tegas Jokowi, sapaan karib Joko Widodo, di sela kegiatan ground breaking 10 ribu rumah untuk buruh di Ungaran, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (29/4).

Menurut presiden, jika pemerintah Indonesia berutang seharusnya dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur seperti jalan tol, perumahan untuk pekerja, pelabuhan dan fasilitas lainnya yang dibutuhkan masyarakat.

Saat ini, kata dia, Indonesia masih memiliki utang dengan jumlah cukup besar yaitu Rp 2.600 triliun.
“Utang kita masih gede lho. Rp 2.600 triliun. Baik utang bilateral ke negara lain maupun World bank dan ADB. Kita blak-blakan saja, memang segitu,” sambung presiden.

Jokowi mengungkapkan meski berutang, pada sejumlah lembaga keuangan internasional itu, tetap ada saja cara bagi pemerintah untuk mendapatkan dana bagi pembangunan. Menurutnya, masalah ekonomi tidak harus diselesaikan dengan bergantung pada tiga lembaga keuangan internasional tersebut.

“Banyak cara yang lain yang bisa dilakukan. Meskipun sekarang ini kita juga masih utang di WB sm ADB,” tandas presiden. (flo/jpnn)

http://www.jpnn.com/read/2015/04/29/301066/Jokowi:-Utang-itu-Enggak-Apa-apa,-Asal…

Pos ini dipublikasikan di utang negara dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s